ORACLE CARDS - LEARN AND ORDER

ORACLE CARDS - LEARN AND ORDER
ORACLE CARDS - LEARN AND ORDER; Find out how this Self Help tool works out.

Sabtu, 04 September 2010

JENIS VEGETARIAN

‘Racikan’ artikel dari berbagai sumber berikut saya posting just untuk sharing bagi teman-teman yang berminat menjadi vegetarian. Rupanya ada berbagai tingkatan vegetarian.

Istilah vegetarian digunakan pertama kali oleh British Vegetarian Society pada tahun 1842, walaupun gaya hidup ini dipercaya sudah dikenal sejak zaman prasejarah, seperti masyarakat Tiongkok purba yang hanya mengonsumsi tahu.

Istilah ”vegetarian” sendiri berasal dari kata ”vegetus” dalam bahasa Latin yang artinya semangat, sehat, segar, dan hidup. Kebetulan benget, mirip kata ”vegetable” dalam bahasa Inggris yang artinya sayur-sayuran, sehingga orang cenderung mengaitkannya dengan orang yang hanya mengonsumsi sayur-sayuran. Memang pada umumnya menu utama vegetarian terdiri dari sayuran dan buah.

Vegetarian tidak semuanya sama karena ada macam-macam atau jenis-jenis vegetarian yang pada dasarnya merupakan aliran yang meninggalkan makanan hewani seperti daging, daging, ikan, ayam, udang, dan sebagainya. Berikut ini adalah aliran pada vegetarian yang tersebar di berbagai belahan dunia beserta definisi/pengertian singkat :

I. VEGETARIAN

* Vegan/ Vegetarian Murni/ Total Vegetarian

Vegan adalah kelompok vegetarian yang anti makanan dan minuman yang mengandung hewani seperti halnya umat islam yang anti makanan mengandung anjing dan babi. Kaum vegan tidak mengkonsumsi madu, royaljeli, yogurt, sarang burung walet, dan lain sebagainya.

* Vegetarian Ovo

Ovo-vegetarian adalah jenis vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi telur.

* Vegetarian Lacto

Lacto-vegetarian adalah jenis vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi susu. Vegetarian ini tidak makan bawang bombay dan bawang putih.

* Vegetarian Lacto-Ovo

Lacto-Ovo vegetarian adalah jenis vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi telur, susu dan produk olahannya seperti yoghurt, keju, butter milk, dan produk turunan susu & telur lain. Jenis ini disebut Lactovarian.

II. Vegetarian Sebagian (partial Vegetarian)

* Vegetarian Pesco/ Pescetarian

Pesco-vegetarian adalah vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi ikan serta produk turunannya.

* Vegetarian Pollo

Pollo-vegetarian adalah vegetarian yang tidak makan minum yang mengandung hewani tetapi tetap konsumsi makanan mengandung unggas seperti ayam, bebek, burung dara, dan sebagainya.

III. Semi Vegetarian

Jenis vegetarian ini kadang sekali-kali makan daging-dagingan, unggas-unggasan, ikan-ikanan, dan makanan minuman hewani lain jika ada acara tertentu.

IV. VEGETARIAN LAIN2

*Sproutarian

Hanya mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, beras dan kecambah

*Fruitarian

Hanya mengonsumsi buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

*Macrobiotic vegetarian

Pertama kali dikembangkan di Jepang. Pola makan ini disesuaikan dengan iklim tempat tinggal. Padi-padian dan rumput laut merupakan menu utama ditambah kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan.

Demikian yang summary dari beberapa artikel mengenai Jenis-jenis Vegetarian yang saya baca. Semoga bermanfaat.

Have a Great Day!
FW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar